Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) juga tak lepas dari Akreditasi. Sebagai salah satu satuan penyelenggara pendidikan non formal, PKBM juga diharuskan untuk melalui proses Akreditasi dan memiliki Akreditasi.

Akreditasi di PKBM sekarang merupakan akreditasi lembaga, yaitu penilaian kelayakan teknis/akademis suatu lembaga penyelenggara program pendidikan tertentu untuk menghasilkan lulusan dengan spesifikasi kompetensi yang telah ditetapkan. Jadi, PKBM sebagai penyelenggara pendidikan non formal juga harus dinilai, dievaluasi, dimonitor dan berstandar pelayanan minimal penyelenggaraan pendidikan non formal melalui BAN PAUD DIKMAS yang merupakan Badan Akreditasi Nasional yang melakukan Akreditasi PKBM.



Kenapa PILIH PKBM yang TERAKREDITASI?

Banyak orang masih belum mengerti betapa pentingnya PKBM yang terakreditasi. Seolah menganggap sama saja, yang penting belajar juga, yang penting dapat ijazah juga, yang penting dari pemerintah juga. Padahl PKBM yang Terakreditasi merupakan salah satu pertimbangan utama dalam memutuskan memilih PKBM sebagai tempat belajar. PKBM yang terakreditasi berarti PKBM yang telah memenuhi Standar Penyelenggaraan Pendidikan sesuai yang ditentukan pemerintah pusat, yang mana berarti sudah tidak diragukan lagi KUALITAS nya, proses ADMINISTRASI nya, proses PEMBELAJARAN nya, LULUSAN nya,  PRESTASI nya, dan Keabsahan IJAZAH nya. 

PKBM yang Terakreditasi memiliki Kategori, yaitu: Terakreditasi A, Terakreditasi B, Terakreditasi C dan Tidak Terakreditasi. Masing-masing kategori penilaian ini ditetapkan oleh BAN PAUD DIKMAS sesuai kriteria 8 standar penilaian akreditasi. Jadi semakin tinggi nilai Akreditasinya, berarti pemenuhan dan standarisasi PKBM itu sangat sesuai dengan standar nasional.

JADI...
PKBM yang TERAKREDITASI sudah pasti...
  1. BERKUALITAS
  2. Tata Kelola ADMINISTRASI Teratur
  3. PROSES PEMBELAJARAN sistematis
  4. LULUSAN jelas
  5. Memiliki PRESTASI
  6. Keabsahan IJAZAH nya diakui

PKBM HARATI sebagai salah satu PKBM di Kabupaten Kotawaringin Timur, telah terakreditasi B dan satu-satunya PKBM di Kabupaten Kotim yang mendapat Akreditasi B tersebut. Hal ini membuktikan bahwa PKBM Harati sangat serius dalam penyelenggaraan pendidikan non formal yang berstandar nasional, berkualitas dan berkelanjutan. Jadi Pastikan pilih PKBM yang Terakreditasi, Pastikan Masuk dan mendaftar di PKBM HARATI.

PKBM HARATI
PASTI Lembaganya
PASTI Belajarnya
PASTI Kualitasnya
PASTI Ijazahnya
PASTI Akreditasinya