Ijazah Pendidikan Kesetaraan, Sekolah Paket ABC dari tahun ke tahun menjadi pembahasan yang seru di kalangan masyarakat, berbagai pertanyaan menggelitik hati kadang muncul, bahkan terkesan meremehkan, yang pada intinya, Setarakah? 


Mari kita bahas bersama...

terlebih dahulu rapikan tempat duduk anda, ambil segelas minuman hangat/dingin, siapkan cemilan secukupnya, dan jangan lupa baca bismillah ya guys...he...


Ijazah Pendidikan Kesetaraan Program Layanan Paket A setara SD, Paket B setara SMP, Paket C setara SMA, apakah benar setara dan diakui? Jawabannya tentu saja SETARA dan DIAKUI, bahkan sudah dijamin di UU sisdiknas tentang jalur pendidikan yang diakui. Jadi, tidak usah ragu dan resah kalo memiliki ijazah pendidikan kesetaraan.


Namun, yang membuat masyarakat ragu ialah dosa masa lalu dan mungkin masih ada sampai sekarang dosa itu, walaupun pemerintah pusat melalui kemdikbud sudah secara masif untuk menghilangkan praktek-praktek abnormal yang mengakibatkan dosa dan keraguan tentang kesetaraan lulusan Paket ABC ataupun keabsahan ijazah pendidikan kesetaraan tersebut, yaitu DOSA CUMA IKUT UJIAN TANPA PEMBELAJARAN, dapat ijazah paket ABC tidak melalui prosedur yang diatur oleh kemdikbud, namun melalui oknum-oknum atau calo-calo yang niatnya pingin membantu masyarakat dengan cara membodohkan masyarakat, maaf sedikit keras tulisannya, karena begitulah adanya.


Gara-gara hal tersebut, kesetaraan dari lulusan ataupun ijazah Paket ABC jadi diragukan, padahal secara legal hukum, hak dan tanggung jawab sama seperti lulusan atau ijazah di sekolah formal. Lulusan Paket ABC yang melalui proses pembelajaran dan ujian sesuai prosedur kemdikbud, tentunya memperoleh ijazah pendidikan kesetaraan yang sah, legal, diakui dan setara. Dengan ijazah tersebut, lulusan Paket ABC dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik sekolah/perguruan tinggi negeri/swasta yang berada di dalam/luar negeri.


Dengan ijazah Paket ABC sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf pendidikannya tanpa batasan usia, jarak dan kesibukan. Ijazah paket juga dapat membantu memfasilitasi masyarakat desa ataupun perkotaan untuk meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) nya sehingga sangat bermanfaat dan diakui. 


Sayang di sayang, keraguan tentang kesetaraan ijazah Paket ABC kadang ditambah dengan ketidak pahaman atau ketidak tahuan sebagian dari para oknum pengelola pendidikan formal dan atau steakholders, banyak yang masih berasusmsi bahwa di pendidikan kesetaraan itu hanya langsung ujian saja tanpa proses pembelajaran, jadi ijazahnya tidak setara. Hal inilah yang menjadi mis persepsi. Sebenarnya guys, di pendidikan kesetaraan juga belajar, melalui proses yang sama seperti di pendidikan formal, lama belajar juga sama dengan di pendidikan formal, bahkan warga belajar/siswa di pendidikan kesetaraan juga memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang sama dengan sekolah formal, yang mana di input langsung di DAPODIK yang sama dengan sekolah formal. 


Bagi orang tua/wali peserta didik, jangan ragu untuk memasukan atau mempercayakan sekolah anak nya di pendidikan kesetaraan, karena di pendidikan kesetaraan itu sangat Merdeka Belajar, dengan adanya fleksibelitas waktu dan tempat serta sangat memfasilitasi orang tua dalam pendidikan anak nya yang terarah dan sesuai minat bakat anak. Pendidikan kesetaraan dapat mengakomodir fokus pembelajaran yang berorientasi pada anak tanpa memaksakan anak untuk pintar disemua pelajaran, namun mengarahkan anak pada mana yang seharusnya menjadi keahlian nya. 


Pendidikan kesetaraan juga belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan bahkan keterampilan tepat guna, sehingga lulusan sekolah paket ABC tidak hanya dibekali dengan ijazah namun juga sertifikat-sertifikat kompetensi tepat guna sehingga peserta didik siap secara ilmu pengetahuan dan keterampilan. Ibaratnya nie guys, klo ada yang fleksibel belajarnya sesuai minat dan bakat anak dan ada keterampilannya, daripada yang terlalu kaku belajarnya dan diminta jadi pintar disemua mata pelajaran, lebih baik pilih sekolah paket ABC sebagai tempat belajar alternatif yang diakui dan setara. 

Jadi guys, jangan ragu untuk sekolah di Pendidikan Kesetaraan Paket ABC, punya hak yang sama dengan siswa di pendidikan formal, punya ijazah pendidikan kesetaraan yang diakui dan setara. Yang istimewa guys, dipendidikan kesetaraan belajarnya lebih fleksibel baik waktu dan tempat sehingga sangat mengakomodir minat dan bakat serta paham akan kesibukan peserta didik. Yang paling Iswimiwer lagi nie guys, lulusan Paket ABC mendapat ijazah pendidikan kesetaraan yang sah, legal, diakui dan setara sehingga dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun untuk melamar pekerjaan. Buruan daftar dan sekolah di Sekolah Paket ABC. Hub. 082175255062. Sekarang juga!