Penerimaan Warga Belajar/Siswa Baru ataupun pindahan Pendidikan Kesetaraan paket A, B, C Setiap Tahun Ajaran PKBM Harati Kab. Kotim sudah mulai dibuka secara langsung ataupun online. Paket A setara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs, dan Paket C setara SMA/MA. Dibuka untuk umum, dimana saja, siapa saja, usia berapapun dan sesibuk apapun. Semua bisa Kembali Belajar melalui jalur pendidikan non formal pendidikan kesetaraan paket A, B, C di PKBM Harati.
Hubungi Pak Den untuk pendaftaran 

Syarat Pendaftaran PPDB 

untuk persyaratan awal cukup melampirkan

Paket A
  1. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
  2. Fotocopy akte kelahiran
  3. Mengisi Formulir
  4. Pas Photo Baju Putih Latar Bebas

Paket B
  1. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
  2. Mengisi Formulir
  3. Pas Photo Baju Putih Latar Bebas
  4. Fotocopy Ijazah SD/MI/Paket A

Paket C
  1. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
  2. Mengisi Formulir
  3. Pas Photo Baju Putih Latar Bebas
  4. Fotocopy Ijazah SMP/MTs/Paket B

Kelengkapan lainnya seperti:

Pembayaran biaya pendaftaran, fotocopy raport/surat pindah, surat keterangan tidak mampu (bagi WB tidak mampu), dapat dilengkapi menyusul belakangan.


Tanya Jawab Seputar Pendaftaran 

Kapan pendaftaran dimulai?

Pembukaan Pendaftaran Peserta Didik Baru per tahun ajaran dibuka pada:
Periode Early Birth mulai 01 November sampai 29 Desember setiap tahun ajaran nya
Periode I mulai 1 Januari sampai 28 Februari 
Periode II mulai 1 Maret sampai 28 Juli
Periode III 01 Agustus sampai 28 September 

Makin Cepat anda daftar dan melengkapi peryaratan, makin cepat data nya diinput dan terdata secara Nasional di Dapodik.

Berapa biaya registrasi pendaftaran?
Biaya yang dibayarkan diawal pendaftaran tergantung kelompok belajar yang diambil
Kelompok Reguler : 150.000,-
Kelompok Mandiri : Rp. 150.000,-
Kelompok WB Tidak mampu : Gratis
Kelompok Kerjasama Desa : Gratis
Total  Biaya bisa langsung ditanyakan ke admin PKBM Harati di 082175255062

Saya mau mendaftar, apa yang harus saya perhatikan dan siapkan untuk pendaftaran?
  1. Tentukan Mau mengambil Paket Apa? Paket A, B atau C 
  2. Tentukan Kelompok Belajar yang diambil! Kelompok Reguler, Mandiri atau WB Tidak Mampu
  3. Lengkapi Syarat Pendaftaran, siapkan fotocopy KK, fotocopy ijazah terakhir dan raport (jika ada), dan foto berbaju putih latar bebas

Apa perbedaan kelompok belajar?
Pembagian kelompok belajar bertujuan untuk memfasilitasi warga belajar tidak mampu, warga belajar aktif belajar dan warga belajar yang jauh/sibuk.
  1. Kelompok Reguler ialah pengelompokan warga belajar yang aktif belajar 3x seminggu. (Khusus Untuk Masyarakat di Kotim dan Sekitarnya)
  2. Kelompok Mandiri ialah pengelompokan warga belajar yang jadwal belajarnya menyesuaikan/fleksibel, lebih kepada pembelajaran mandiri melalui modul dan aplikasi online. Diutamakan bagi warga belajar yang jarak nya jauh (seluruh Indonesia) atau warga belajar yang sibuk bekerja.
  3. Kelompok Warga Belajar Tidak Mampu ialah pengelompokan warga belajar yang aktif belajar 3x seminggu namun tidak mampu secara biaya maka mendapat subsidi dan tidak harus membayar seperti kelompok reguler. Kelompok ini diwajibkan melampirkan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW atau dari Desa/Kelurahan. (Khusus Untuk Masyarakat di Kotim dan Sekitarnya)
  4. Kelompok Kerjasama Desa/Perusahaan ialah pengelompokan warga belajar yang aktif belajar sesuai kesepakatan antara PKBM Harati, pemerintah desa dan msyarakat desa/perusahaan. Pembelajaran dilakukan langsung di desa melalui kerjasama desa. Kelompok ini bisa dilaksanakan minimal ada 1 rombongan belajar sebanyak 20 orang. Pemerintah desa/perusahaan menjalin kerjasama dan memfasilitasi warga belajarnya untuk memperoleh pembelajaran dan mengikuti ujian nasional sesuai dengan ketentuan pusat.
Misal: 
  1. Mengambil Paket C kelompok mandiri, maka warga belajar dapat mengatur waktu belajarnya sendiri, tidak wajib hadir 3x seminggu, namun warga belajar tetap melakukan pembelajaran melalui modul dan aplikasi online yang disediakan, sehingga warga belajar dapat belajar dimana saja dan kapanpun sesuai kesibukan/jarak/keinginannya sendiri. Kelebihan kelompok ini dapat mengatur waktu belajarnya secara mandiri dan tidak wajib hadir 3x seminggu.
  2. Mengambil Paket C kelompok reguler, maka warga belajar wajib mengikuti pembelajaran aktif 3x seminggu dan membayar biaya pendidikan sesuai dengan rincian yang telah ditentukan. Diutamakan bagi masyarakat didalam kota sampit atau dekat dengan PKBM. Kelebihan kelompok ini banyak mendapat materi pembelajaran langsung, pengembangan diri, dan motivasi kewirausahaan.
  3. Mengambil Paket C kelompok Warga belajar tidak mampu, maka warga belajar wajib mengikuti pembelajaran 3x seminggu, namun pembayaran tidak seperti kelompok reguler, semua disubsidi oleh pemerintah pusat dan PKBM, sehingga tidak terkendala masalah biaya.

Dimana PKBM Harati berada/berlokasi?
Kantor Sekretariat PKBM Harati terletak di Jalan Pramuka KM.1,5 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

Apakah PKBM Harati memiliki cabang didaerah lain?
Kami tidak memiliki cabang dimanapun,berpusat di Kota Sampit

Saya bekerja shift-shift an, apakah bisa saya mengambil kelas reguler namun kehadiran saya menyesuaikan dengan waktu kerja saya?
Kelompok reguler wajib mengikuti pembelajaran 3x seminggu, malam hari, dari pukul 18.30 - 21.30 WIB. Namun selama pembelajaran, jika berhalangan hadir karena sakit atau pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan, maka masih bisa meminta ijin kepada kordinator kelas. Namun jika tidak sibuk kerja atau sehat, maka diwajibkan turun aktif belajar secara reguler.

Apa fasilitas yang saya dapat selama mengikuti pembelajaran di PKBM Harati?
PKBM Harati memberikan pelayanan maksimal, optimal dan berkualitas selama proses pembelajaran dan mengikuti ujian nasional. Aplikasi pembelajaran online seTARA DARING untuk peserta didik yang juah dan sibuk, Ruang belajar refresentatif, Tutor belajar yang berpengalaman dan berprestasi.

Apakah PKBM Harati dari Dinas Pendidikan?
PKBM Harati ialah lembaga pendidikan non formal yang terdaftar dan dibawah naungan langsung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur. Penyelenggara resmi dan Terakreditasi B yang memiliki ijin operasional dari dinas pendidikan kabupaten kotawaringin timur.

Kenapa harus PKBM Harati?
ingat 5 kePASTIan
  1. Pasti Lembaganya, PKBM Harati terdaftar dan berizin dari pemerintah pusat, dan dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur. PKBM Harati juga bekerja sama dengan Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, KAHMI Kotim, KNPI Kotim, AMPI Kotim, Genre Kotim, API-IUMKM Kotim, Kadin Kotim, dan berbagai lembaga lainnya.
  2. Pasti Belajarnya, PKBM Harati menyelenggarakan pembelajaran dan ujian nasional sesuai standar pemerintah pusat, sehingga terjamin lulusannya benar-benar menerima pembelajaran dan belajar sesuai aturan.
  3. Pasti Kualitasnya, PKBM Harati ialah PKBM Berprestasi, mulai dari Pengelola PKBM yang Juara 1 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018, Tutor Paket C juara 3 kabupaten Kotawaringin Timur, dan warga belajar yang juara 1 dan 4 lomba cerdas cermat Edu Expo tahun 2018. Hal ini membuktikan adanya kualitas yang tak diragukan lagi sehingga harus memilih PKBM Harati sebagai lembaga penyelenggara pendidikan non formal, pendidikan kesetaraan di Kabupaten Kotawaringin Timur.
  4. Pasti Ijazahnya, warga belajar PKBM Harati memperloleh Ijazah dan SKHUN Resmi dan Langsung dari pemerintah pusat, serta raport belajar yang lengkap. Data warga belajar terdaftar secara online di pusat. Sehingga terjamin keaslian dan legalitasnya.
  5. Pasti Akreditasinya, PKBM Harati merupakan satu-satunya PKBM di Kabupaten Kotawaringin Timur yang memperoleh Akreditasi B dari BAN PAUD PNF. Sehingga jelas lulusanya, kualitasnya dan ijazahnya. Diakui oleh pemerintah pusat dan daerah.



Semua berproses dan perlu proses, jalani dan syukuri, maka akan terlewati
Sesuatu yang instan mungkin nikmat tapi tidak seaman kenikmatannya
Karena proses tidak akan menghianati hasil dan sebaliknya
Kembali belajar tak mengenal kata terlambat
karena pendidikan sepanjang hayat