Sampit - Tak beda dengan siswa di pendidikan formal tingkat SMA yang baru-baru saja menyelesaikan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019. Warga belajar (panggilan bagi siswa di pendidikan non formal)  pun hari ini, 12 April 2019, mulai melaksanakan UNBK. Penyelenggaraan UNBK Paket C ini salah satunya dilaksanakan oleh PKBM HARATI. Lembaga penyelenggaran pendidikan kesetaraan yang telah terakreditasi B dan dibawah naungan dinas pendidikan kab. Kotim ini melaksanakan UNBK Paket sesuai jadwal yang ditentukan oleh pusat setiap tahunnya. 

Deny Hidayat,  ketua PKBM HARATI mengatakan: UNBK merupakan salah satu syarat kelulusan bagi warga belajar pendidikan non formal Paket A, B, C. UNBK ini dilaksanakan sesuai ketentuan pemerintah pusat dan wajib diikuti oleh seluruh warga belajar paket. Selain UNBK,  warga belajar di PKBM HARATI juga telah melaksanakan Ujian semester, USBN dan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan. PKBM HARATI tahun ini melaksanakan UNBK secara mandiri.  Hal ini sebagai wujud keseriusan dalam pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan yang berkualitas dan berprestasi. 

UNBK PAKET C Tahun 2019 di kabupaten kotawaringin timur dilaksanakan selama 4 hari,  mulai tanggal 12 April 2019 sampai 15 April 2019. Mata pelajaran yang diujikan sebanyak 6 mata pelajaran,  sama seperti SMA jurusan IPS. Dengan tingkat kesulitan dan kerahasiaan yang sama bobotnya dengan UNBK SMA. Standar Pelaksanaan UNBK Paket memang sama persis dengan UNBK pada sekolah formal,  yang membedakan adalah jadwal UNBK Paket sekitar 2 minggu setelah sekolah formal. 


Pendidikan Kesetaraan adalah jalur pendidikan alternatif yang memfasilitasi masyarakat untuk kembali dan terus belajar melalui jalur pendidikan non formal.  Pendidikan kesetaraan Paket A, B, C memiliki hak yang sama seperti siswa dipendidikan formal untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan diakui. Pendidikan Kesetaraan menerima warga belajar atau masyarakat dari semua kalangan,  semua usia,  dan semua latar belakang. Memfasilitasi masyarakat yang dulu pernah putus sekolah formal,  masyarakat yang sibuk bekerja, masyarakat tidak mampu, masyarakat yang lanjut usia dan masyarakat yang jauh untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah formal. PKBM sebagai lembaga penyelenggara pendidikan non formal berperan aktif untuk mensosialisasikan dan memberikan pelayanan pendidikan non formal yang berkualitas. 

Kami pengelola PKBM HARATI terus berkomitmen untuk melaksanakan penyelenggaraan pendidikan non formal yang berkualitas dan berstandar nasional. Mulai dari pembelajaran yang aktif dilaksanakan seminggu 3x pada malam hari sampai penyelenggaraan UNBK Mandiri sekarang. Karena itu kami alhamdulillah diberikan akreditasi B oleh badan akreditasi BAUD dan PNF.  Satu-satunya PKBM di kabupaten Kotawaringin timur yang mendapat petingkat akreditasi B tersebut. Selain menberikan pembelajaran,  kami juga memberikan keterampilan dan motivasi kepribadian kepada warga belajar kami,  agar mereka siap kerja dan siap untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Tahun ini,  kami akan kembali membuka pendaftaran warga belajar baru tahun ajaran 2019/2020. Semua masyarakaf kotim baik dalam kota,  luar kota dan pedesaan bisa mendaftar Paket A, B, C di PKBM HARATI.  Kami memberikan pembelajaran online dan reguler berstandar nasional dan ijazah diakui secara nasional pula. Pendaftaran bisa langsung ke kantor sekretariat kami jalan pramuka km. 1,5 sampit atau melalui online di website www.pkbmharati.com. ujar Deny.

Red