Pak Den, Begitulah beliau dipanggil. Tokoh Muda Pendidik Non Formal ini merupakan pendiri sekaligus Ketua PKBM Harati Kabupaten Kotawaringin Timur. Deny Hidayat, M.Pd, Pemuda kelahiran Pegatan, 32 tahun yang lalu ini merupakan tokoh pemerhati dan praktisi pendidikan, khususnya pendidikan non formal. Lulusan S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sebelas Maret Surakarta ini mulai merintis karir pendidiknya sejak tahun 2013 dengan mendirikan Lembaga Kursus dan Pelatihan Cerdas Sampit (LKP Cerdas) yang bergerak dibidang kursus dan pelatihan seperti kursus mengemudi, kursus bahasa inggris, kursus komputer, bimbingan belajar dan berbagai keterampilan pemberdayaan masyarakat.

Pada Tahun 2015, Pak Den yang saat itu banyak melihat adanya ketimpangan penyelenggaraan pendidikan non formal bagi siswa yang putus sekolah dan kesalahpahaman masyarakat tentang penyelenggaraan pendidikan kesetaraan di Sampit, akhirnya memutuskan untuk mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Harati. Dengan dukungan berbagai pihak seperti para dosen, guru-guru dan praktisi pendidikan non formal di Kotim, beliau memulai proses pembelajaran PKBM Harati dengan telebih dahulu mengikutsertakan kegiatannya di PKBM Eka Bahurui dengan pokjar Harati nya. Barulah 1 tahun kemudian, 2016, PKBM Harati resmi berdiri dan pada tahun 2017 telah terdata secara nasional dengan memiliki NPSN.

Pak Den terus berusaha untuk mempromosikan keberadaan pendidikan kesetaraan dan memperbaiki kesalahpahaman masyarakat tentang pendidikan kesetaraan yang banyak dianggap hanya untuk mencari ijazah Paket secara instan. Padahal tidak seperti itu sehingga Beliau bersama dengan para pengelola PKBM Harati menyelenggarakan proses pembelajaran dan ujian secara bersungguh-sungguh sesuai dengan standar pendidikan nasional untuk berusaha membuktikan tatakelola pendidikan kesetaraan yang sebenarnya dan memperbaiki citra pendidikan kesetaraan di masyarakat. Pada tahun 2018, beliau berhasil menjadi Juara 1 Pengelola PKBM se Kabupaten Kotawaringin Timur dan kemudian juga berhasil menjadi Juara 1 Pengelola PKBM Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Tokoh muda pendobrak sebagai seorang pengelola PKBM di Kabupaten Kotawaringin Timur yang mampu melangkah jauh ke Apresiasi GTK PAUD DIKMAS 2018 di Provinsi Kalimantan Barat mewakili Kalimantan Tengah. 

Pak Den memiliki Istri bernama Nurliana Puspita Sari dan seorang anak lelaki bernama Arkan Hidayat. Pak Den adalah anak kedua dari dua bersaudara dari orang Tua, Kisran Adiy dan Norhidah. Bapak beliau Kisran Adiy (Alm) merupakan seorang pendidik di Kementrian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur yang juga sangat peduli terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan. Bapak beliau merupakan seorang guru ngaji, pegawai depag dan pemerhati pendidikan di masyarakat. Dari Bapak beliau lah ide dan gagasan untuk bisa bermanfaat lebih banyak kepada umat dan masyarakat melalui pendidikan sangat ditekankan dan diajarkan. 

Selain sebagai seorang pendidik non formal, Pak Den juga aktif sebagai Dosen Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Muhammadiyah Sampit. Pernah menjadi tutor di LKP BHS Kotim. Pernah menjadi guru di MAN 1 Sampit. Pernah menjadi pembicara pendidikan non formal. Aktif di berbagai organisasi seperti KAHMI, HMI, FK-PKBM, HISPPI, HIPKI, HILLSI, Karang Taruna Kotim, Pokja akreditasi Kabupaten. Pak Den semasa sekolah dulu juga aktif sebagai Ketua OSIS MAN 1 Sampit tahun 2005 dan Ketua OSIS MTsN Sampit Tahun 2002.

Setelah lama menuntut ilmu S1 dan S2, beliau kembali ke Kabupaten Kotawaringin Timur pada tahun 2013, untuk ikut serta memajukan pendidikan dan berkontribusi sebagai praktisi pendidikan di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Pak Den dan para Pengelola PKBM Harati sampai sekarang terus berusaha untuk meningkatkan mutu dan kualitas penyelenggaraan pendidikan non formal dan terus juga mempromosikan keberadaan pendidikan non formal secara luas. Pendidikan Non Formal memiliki hak yang setara dengan pendidikan Formal untuk ikut serta mencerdaskan bangsa melalui pendidikan yang berkualitas.