Bukan Belajar Biasa, begitulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan proses pembelajaran di PKBM Harati, karena selain mendapatkan materi pembelajaran teoritis, tetapi juga di PKBM Harati memberikan banyak pembelajaran kompetensi. Jadi bukan hanya sembarang belajar, tapi juga belajar banyak dapat pengalaman, pertemanan dan pengembangan diri untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Belajar di PKBM Harati itu memang tidak memandang usia. Tidak memandang status sosial. Tidak memandang si miskin dan si kaya. Tidak memang suku, agama ras dan golongan. Tidak memandang kamu anak siapa. Tidak memandang background kamu apa dan dari mana. Tidak memandang kamu bekas apa dulunya. Semua bisa kembali belajar. Cukup Bilang aja "Saya benar-benar pengen kembali belajar". Maka kamu sudah bisa menjadi warga belajar PKBM Harati (tentunya dengan melengkapi segala syarat-syarat pendaftarannya). 

Belajar di PKBM Harati itu lebih menekankan pada pendidikan karakter kamu. Bagaimana kamu bisa memperbaiki diri, meraih masa depan yang lebih baik, merangkai lagi beribu harapan, dan tentunya memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Yang dulu biarlah berlalu, apa yang terjadi pada mu telah terjadi dan tak bisa terus disesali, karena di PKBM Harati kamu masih punya harapan, masih punya masa depan dengan terus kembali belajar. 


Belajar di PKBM Harati itu penuh dengan keterampilan. Di PKBM Harati, potensi kebisaan atau keterampilan yang kamu miliki dicoba untuk dikembangkan. Saat kamu berbakat dalam olahraga, maka disini kita akan coba menggali bakat dan minat kamu di olahraga tersebut. Saat kamu berbakat dibidang seni, maka disini kamu diasah untuk mengembangkan kreatifitas seni mu itu. 

Belajar di PKBM Harati itu tanpa membeda-bedakan latar belakang sesorang. Itulah indahnya belajar di PKBM, kamu punya hak, kewajiban dan nasib yang sama. Pengen membangun harapan untuk masa depan yang lebih baik. Jadi mau tua, mau muda, mau jauh, mau dekat, mau duda, mau janda, mau nakal, mau pintar, mau cantik, mau ganteng, mau jelek, mau penjahat, mau penjahit, mau residifis, mau idealis, mau apapun bisa kembali belajar di PKBM harati. Semua pengen lebih baik. Semua pengen berubah lebih baik. Semua pengen masa depan yang lebih baik. Kembali belajar di PKBM Harati.

Belajar di PKBM Harati itu, jangan heran ada yang bawa anak, belajar sambil bawa anak. Ada yang bawa suami atau istrinya. Ada yang bawa pacay nya. Ada yang bawa ibu dan bapak nya. Ada yang bawa sahabat dan tetangganya. Ada yang bawa jualannya. Ada yang bawa macam-macam deh, karena di PKBM Harati tidak mementingkan casingnya tapi lebih mementingkan isi nya. Cukup kamu mau kembali belajar. Pengen lebih baik. Yuk mari kita belajar bersama di PKBM Harati.

So, belajar di PKBM Harati itu tidak bisa dibayangkan hanya belajar pelajaran disekolah dulu saja, karena akan banyak pelajaran hidup, keterampilan, pengembangan minat bakat dan motivasi yang diberikan disini. Kamu akan menemui para pemateri yang merupakan motivator, praktisi, pengusaha, pemuda berbakat, para tokoh masyarakat, legislator, pemerhati pendidikan dan berbagai kalangan yang memberikan pengalaman dan ilmunya.