Sampit, 31 - Juli 2019 - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Harati Kabupaten Kotawaingin Timur Provinsi Kalimantan Tengah kembali pada tahun 2019 ini mengadakan acara Pelepasan Warga Belajar Tingkat II, IV dan VI Paket A, B, C PKBM Harati Tahun Ajaran 2018/2019.

Acara ini merupakan agenda rutin tahunan yang menandakan secara resmi akhir proses pembelajaran dan pendidikan bagi warga belajar pendidikan kesetaraan Paket A, B, C di tahun ajaran 2018/2019.  Dimana warga belajar Paket A Tingkatan II atau setara SD kelas 6 lulus dan dapat melanjutkan ke SMP atau Paket B, Paket B Tingkatan IV atau setara SMP kelas 9 lulus dan dapat melanjutkan ke SMA/SMK atau Paket C, dan Paket C Tingkatan VI atau setara SMA kelas 12 lulus dan dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi baik S1 ataupun bekerja.

Pelaksanaan acara pelepasan warga belajar ini membuktikan bahwa pendidikan non formal di pendidikan kesetaraan Paket A, B, C juga sama seperti pendidikan formal pada umumnya. Dimana mulai dari penerimaan peserta didik baru, proses pembelajaran, proses kegiatan dan keterampilan, proses ujian nasional, sampai lulus pembelajaran juga setara dan sederajat seperti pendidikan formal. Yangmana PKBM Harati melaksanakan proses penyelenggaraan pendidikan non formal yang berstandar nasional dan telah terakreditasi B sehingga alumni atau lulusannya terbukti setara dengan menerima ijasah Kesetaraan yang Legal dan keterampilan serta kewirausahaan untuk bekal nya setelah lulus dari PKBM Harati.

Direktur PKBM Harati
"Kami bersyukur dan senang pada malam hari ini bisa melepas secara resmi warga belajar Paket A, B, C di tahun ajaran 2018/2019 ini. Warga belajar kami telah mengikuti proses pendidikan sesuai standar nasional dan sekarang telah menerima ijazah Paket A, B, C yang legalitasnya setara dengan pendidikan formal. Harapan kami warga belajar dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan mampu menunjukkan keunggulannya yang tak kalah dengan siswa di pendidikan formal." Ujar Deny, Direktur PKBM Harati.

Dalam acara pelepasan tahun 2019 ini, PKBM Harati didukung penuh oleh pemerintah daerah kabupaten Kotawaringin Timur, yang mana pada saat itu dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur yang diwakili oleh Asisten Ahli Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur yang diwakili oleh Kasi Perbantuan SMA dan Kasi Peserta Didik PAUD dan PNF Kotim. Juga hadir memberikan sambutan, perwakilan dari Direktorat Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia yang diwakili oleh Dr. Tatang yang pada saat itu dapat berhadir disampit. Acara ini juga didukung penuh oleh para Organisasi Mitra kewirausaan dan pendidikan non formal seperti Anggota DPRD Kotim, Ketua KADIN Kotim, Manager Grand Hotel, Ketua FK PKBM Kotim, Ketua HILLSI Kalteng, Ketua dan angota organisasi HIPKI dan tamu undangan lainnya.    

Pembacaan Janji Alumni PKBM Harati
Pada tahun ajaran 2018/2019 ini, PKBM Harati berhasil meluluskan 119 orang warga belajar yang terdiri dari 5 orang warga belajar Paket A Tingkatan 2 atau setara SD kelas 6, 37 orang warga belajar Paket B Tingkatan 4 atau setara SMP kelas 9, dan 77 orang warga belajar Paket C Tingkatan 6 atau setara SMA kelas 12.

Pada acara ini juga, PKBM Harati memberikan penghargaan kepada 10 orang warga belajar berprestasi dari Paket B dan C, dan 5 orang warga belajar berprestasi dari Paket A. Selain itu, PKBM Harati juga memberikan penganugerahan kepada 2 orang Tutor Berdedikasi yang mengabdi dan membagikan ilmunya dengan ikhlas di PKBM Harati. Kemudian, PKBm Harati juga menyerahkan secara simbolis, penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kepada total 21 orang warga belajar yang menerima nya.

Penyerahan secara simbolis beasiswa PIP
Momentum Pelapasan Warga Belajar ini menjadi bukti keberadaan PKBM Harati yang terbuka dan mampu menyelenggarakan pendidikan non formal secara berkelanjutan dan berstandar nasional. Hl ini tak lepas dari usaha para pengelola, warga belajar, orang tua/wali warga belajar dan alumni PKBM Harati untuk terus bisa maju dan memberikan manfaat melalui jalur pendidikan non formal kepada masyarakat luas sehingga benar- benar dapat membantu pemerintah untuk ikut serta mencerdaskan anak bangsa melalui moda pendidikan yang memfasilitasi, menjangkau dan melayani seluruh masyarakat tanpa terkendala waktu, jarak, tempat, usia dan kesibukan. 

"Alhamdulillah kami akhirnya pada hari ini resmi lulus dan mendapat ijazah Kesetaraan yang resmi dan legal langsung dari Pusat. Terima Kasih kepada seluruh pengelola dan para tutor PKBM Harati, yang telah dengan sabar mendidik kami dengan berbagai permasalahan dan latar belakang kehidupan. Kami sangat senang bisa belajar bersama teman-teman seperjuangan yang bersemangat untuk kembali belajar. Kesempatan kedua yang diberikan kepada kami tidak akan kami sia-siakan, dan kami akan terus berusaha untuk lebih baik lagi dan membanggakan orangtua kami. Semoga PKBM Harati terus maju, terus luar biasa dan juara." Ujar Roby, Warga Belajar Paket C, Manager RM. Wong Solo Sampit dalam penyampaian Pesan dan Kesan mewakili seluruh warga belajar PKBM Harati.

Roby, Perwakilan Warga Belajar menyampaikan Pesan dan kesan
Anugerah Tutor Bededikasi
Pembaca Acara 
Bu Norhidayah di depan Background Pelepasan
Warga Belajar yang menghadiri acara
Ormit dan Anggota DPRD Kotim yang hadir sebagai undangan
Moment penyerahan dan pelepasan warga belajar
Sambutan Dr. Tatang dari Kementerian