PKBM Harati sebagai lembaga penyelenggara pendidikan kesetaraan Kejar Paket A, B, C atau Sekolah Paket melaksanakan kegiatan sosial kepedulian terhadap bencana kabut asap di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

Kondisi cuaca di Sampit sekarang sedang dalam status BERBAHAY dengan adanya kebakaran lahan/hutan yang sangat masif. Kebakaran lahan/hutan ini menyebabkan kabut asap yang sangat pekat yang menimbulkan kondisi cuaca yang buruk dan berbahaya. 

Keadaan ini mengakibatkan berbagai masalah sosial dan kesehatan di masyarakat, seperi menggangu proses belajar mengajar di sekolah, mengganggu proses penerbangan dan angkutan, menimbukan penyakit ISPA dan masalah sosial lainnya.

Hal ini tak luput dari keprihatinan pengelola, warga belajar dan alumni PKBM Harati Kotim. Bekerjasama dengan Anggota DPRD kab. Kotim, Bang Riskon Febiansyah. PKBM Harati mengadakan pembagian masker untuk masyarakat di sekitaran kota sampit. Tepatnya di persimpangan Lampu Merah Pramuka. 

Sebanyak 2000pcs masker dibagikan ke masyarakat dengan harapan memberikan kesadaran untuk mencegah timbulnya penyakit ISPA di masyarakat dan membantu masyrakat untuk prihatin dengan keadaan cuaca kabut asap di kota sampit.