Sekolah Paket ABC atau Kejar Paket ABC ialah salah satu penamaan yang dikenal dimasyarakat sebagai suatu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan Nonformal, dimana didalamnya ada pendidikan kesetaraan Paket A setara SD, Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA.

Pilih Sekolah Paket susah-susah gampang. Namun kebanyakan masyarakat ingin sesuatu yang instan dalam meraih pendidikan nonformal tanpa mempertimbangkan kualitas dan standar pendidikan yang dilaksanakan.

Apa sih yang harus dipertimbangkan saat memilih Sekolah Paket?

1. Legalitas
Legalitas PKBM penyelenggara pendidikan nonformal harus benar-benar dipastikan. Apakah sudah terdaftar dengan dibuktikan memiliki NPSN, kita bisa cek secara online NPSN PKBM tertentu, contoh ketik saja di goole NPSN PKBM Harati. Maka anda akan menentukan legalitas PKBM Harati sebagai penyelenggara pendidikan Nonformal yang sudah terdaftar secara nasional. Legalitas ini penting karena keabsahan lulusan dan ijazah nantinya benar-benar berstandar nasional.

2. Akreditasi
Akreditasi merupakan suatu standar penilaian lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal dari lembaga penilai independen yang sudah ditentukan pemerintah, untuk menjamin standar mutu penyelenggaraan pendidikan yang ditentukan pemerintah. Akreditasi ada yang A, B, C dan TT. Seperti PKBM Harati yang sudah Terakreditasi B dari BAN PAUD PNF RI. menandakan bahwa keamanan dan keabsahan penyelenggaraan pendidikan nonformal di PKBM Harati sudah sesuai standar nasional yang ditentukan pemerintah. Hal ini penting karena akan menentukan kualitas penyelenggaraan pendidikannya sehingga Aman, Legal, Setara dan Berkualitas.

3. Kantor Sekretariat
Kepastian tempat pendaftaran, proses pembelajaran dan informasi penyelenggaraan dapat dilihat dengan adanya sekretariat. Sehingga jika terjadi suatu permasalahan atau konfirmasi informasi bisa langsung ke Kantor Sekretariatnya.

4. Alumni 
Informasi tentang alumni dan atau warga belajar PKBM dapat menjadi perhatian, karena kita dapat mengetahui proses penyelenggaraan langsung dari alumni yang sudah pernah Sekolah disitu.

5. Informasi yang jelas
Informasi yang jelas tanpa ditutup tutupi dapat menjadi pertimbangan. Baik dari biaya pendidikan (jika ada), proses pembelajaran, proses pendaftaran, keabsahan ijazah dan ujian setidaknya dipertanyakan. Seperti PKBM Harati yang memiliki sistem informasi yang lengkap dan terbuka di media sosial seperti website, facebook, instagram, twitter, dan dapat dihubungi langsung melalui telpon dan whatsapp. Dengan sistem informasi yang jelas ini kita dapat mengetahui sistem pembelajaran dan kelulusan yang jelas.

Demikian 5 Hal yang dapat menjadi petimbangan adan untuk memilik Sekolah Paket yang Aman, Legal, Setara dan Berkualitas.

Sekolah Paket ABC Terakreditasi B di PKBM Harati
Kantor Sekretariat: Jalan Pramuka KM.1,5 Sampit
Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah
Untuk Siapa saja, Dimana saja dan Sesibuk Apapun
Aman, Legal, Setara dan berkualitas