Pendidikan Kesetaraan sebagai salah satu layanan pendidikan non formal yang menyenggarakan program kejar paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA memiliki hak yang sama dalam hal melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Salah satu bentuk kesetaraan dalam melanjutkan pendidikan, lulusan paket C setara SMA ternyata bisa juga mendaftarkan diri untuk mengikuti tes masuk calon praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Hal ini tertera jelas dalam persyaratan penerimaan di website resmi IPDN, www.spcp.ipdn.ac.id, yang menyatakan bahwa persyaratan administrasi poin 1: Berijazah paling rendah Sekolah Menengah Umum (SMU) atau Madrasah Aliyah (MA) termasuk lulusan Paket C.
Hal tersebut tentu sangat menggembirakan karena hak warga belajar (siswa) dari Sekolah Paket melalui pendidikan kesetaraan juga dapat memiliki kesempatan berkuliah di kampus milik pemerintah dengan ikatan dinas nya ini.

Pada salah satu kesempatan sosialisasi IPDN di kabupaten Kotawaringin Timur. Para praja IPDN memberikan informasi dan sosialisasi pendaftaran tentang tatacara mengikuti tes masuk calon praja IPDN bagi masyarakat di kotim pada umumnya. Dimana kegiatan ini diselenggarakan di rumah makan Brazel Sampit.
Pada kesempatan itu, praja IPDN yang sedang menempuh masa libut kuliah memberikan informasi bahwa kesempatan untuk masuk ke IPDN terbuka untuk siswa/warga belajar lulusan SMA Sederajat, dimana proses tes nya berjalan sesuai prosedur dan bebas biaya pungutan apapun atau gratis. Sehingga memberikan kesempatan untuk siswa yang berminat melanjutkan kuliahnya melalui jalur pendidikan dengan ikatan dinas seperti di IPDN.

Pengelola PKBM Harati, Pak Den, sempat mengajukan pertanyaan, "apakah bisa warga belajar atau peserta didik dari sekolah paket mengikuti tes masuk praja IPDN?". Dengan jawaban yang jrlas dan referensi langsung, para praja IPDN memberikan jawaban kesetaraan hak untuk lulusan paket C bisa masuk mengikuti tes di IPDN.

"Hal ini tentu kabar gembira bagi kami, pengelola sekolah paket, kami bersyukur informasi ini bisa disosialisasikan dan memberikan kesempatan bagi peserta didik kami di PKBM Harati untuk mengikuti tes masuk calon praja IPDN, harapan kami di tahun ini dan kedepannya ada warga belajar kami yang semangat untuk melanjutkan belajarnya dan bisa lulus menjadi praja IPDN. Hal ini tentu akan membuktikan bahwa lulusan paket C sekolah paket juga sama seperti lulusan siswa SMA pada umumnya" ujar Pa Den, Ketua PKBM Harati.