Sekolah Paket ABC atau sekolah pendidikan kesetaraan atau sekolah nonformal atau sekolah kejar paket atau apalah lagi istilahnya yang kesemuanya merupakan istilah lain dari Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) yang menyelenggarakan pendidikan kesetaraan kejar Paket A, B, C. Umumnya sih penyelenggaranya berupa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang merupakan suatu tempat belajar untuk meraih ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui jalur pendidikan Non Formal.

Seperti kita ketahui jalur pendidikan yang diakui di Indonesia dibagi menjadi 3 kategori yaitu: Pendidikan Formal, Pendidikan Nonformal dan Informal. Nah...Sekolah Paket ABC termasuk di jalur pendidikan non formal tersebut.

Pendidikan Formal terbilang sudah terstandar dan terstruktur dengan rapi dengan ketetapan yang baku terkait waktu dan tempat belajar serta tingkatan belajarnya. Begitu juga dipendidikan non formal ya guys..., pemerintah menyediakan jalur ini dengan keunggulan fleksibelitas dalam memperoleh pendidikan. Fleksibelitas itu berupa waktu, tempat dan usia yang tanpa batasan. Siapa saja, dimana saja dan kapan pun bisa belajar di PKBM atau sekolah Paket. Tentunya dengan standar pendidikan yang setara.

Kesetaraan adalah suatu hal yang istimewa di PKBM atau sekolah Paket ABC karena hal tersebut yang membuat fleksibelitas di pendidikan non formal mampu memfasilitasi yang tak terfasilitasi, melengkapi yang tak mampu dilengkapi, menjangkau yang tak mampu dijangkau oleh satuan pendidikan di jalur pendidikan formal. Kesetaraan ini memberikan hak dan kewajiban yang sama dalam pemenuhan pembelajaran dan capaian kompetensi yang di ajarkan di Pendidikan Kesetaraan.

Sekarang kita berbicara ke Alumni atau Lulusan Sekolah Paket...

Karena Kewajibannya sama:
Sama-Sama Belajar, jadi klo mau masuk di Sekolah Paket niatnya cuma untuk cari ijazah Kesetaraan maka bisa dibilang itu SESAT dan MENYESATKAN, salah KAPRAH dan berpotensi PENIPUAN. Kenapa? karena klo ikut sekolah Paket cuma ikut ujian saja tanpa pembelajaran maka kewajibannya tidak sama, tidak dapat memenuhi capaian kompetensi pendidikan, sedangkan mau nya setelah dapat ijazah lanjut sama seperti siswa sekolah formal, tapi gak belajar, yo sadar diri lah guys...itu namanya ngawuring...alias gak sadar diri...Jadi, disekolah Paket itu juga Belajar dan Wajib Belajar...wuenaknya nie guys...sistem belajarnya sangat fleksibel, bisa kapan saja, dimana saja dan tanpa batasan usia. Itulah kenapa di sekolah Paket ada yang cuma belajar 2x seminggu, sekali seminggu, belajarnya  secara online dan lain sebagainya dengan fleksibelitas tadi membuat PKBM atau sekolah Paket dapat menutupi kekurangan yang tak bisa di penuhi melalui jalur pendidikan formal ya guys...

Terusss....kita berbicara Hak nya guys...
So pasti lah sama hak nya dengan siswa di pendidikan formal. Siswa di sekolah formal punya NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) di PKBM atau sekolah Paket juga punya NISN. Siswa sekolah formal dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, warga belajar (sebutan siswa) di PKBM juga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan untuk pekerjaanpun seperti itu, sama hak nya guys tuk memperoleh pekerjaan atau mendaftar di sekolah kedinasan pun bisa. lebih bahkan nya guys...banyak yang sekolah di Sekolah Paket itu sudah bekerja duluan, sudah berprestasi duluan, sudah artist duluan, sudah segalanya deh...he...Hal ini sudah diatur di Undang-Undang Pendidikan Nasional loh guys... bahkan ada permendikbudnya...

Jadi gak usah ragu sekolah di Sekolah Paket ABC PKBM Harati, lulusannya guys....
busyet.... seru dan keren...

Sekian info kita hari ini guys...ingat daftar sekolah Paket di PKBM Harati...