Sampit - Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) merupakan salah satu program pendidikan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemdikbud RI. Program ini menyasar masyarakat yang tidak/putus bekerja, putus sekolah, dan pada usia produktif 15-30 Tahun, sehingga dapat memiliki keterampilan dan kecakapan kewirausahaan bagi bekal mereka agar dapat berusaha secara mandiri ataupun kelompok.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Harati sebagai salah satu satuan pendidikan non formal diberikan kesempatan oleh Kemdikbud RI untuk ikut serta sebagai penyelenggara Program PKW tersebut dengan jenis keterampilan Menjahit. 

Kepercayaan Kemdikbud RI ini membuktikan bahwa SPNF PKBM Harati yang dalam program utamanya menyelenggarakan pendidikan kesetaraan kejar Paket A, B, C atau sekolah Paket ABC, juga dapat berperan serta dalam dan memiliki kompetensi kelembagaan untuk penyelenggaraan kursus dan pelatihan. Program ini tentunya menambah kebermanfaatan PKBM Harati dalam penyelenggaraan pendidikan masyarakat, sehingga tentunya program seperti ini sejalan dengan visi dan misi PKBM Harati untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas, unggul dan berdaya saing.


"Kami bersyukur, tahun ini kembali dipercaya oleh Kemdikbud RI melalui direktorat Kursus dan Pelatihan yang memberikan kesempatan menyelenggarakan PKW Menjahit bagi masyarakat dan alumni kami, kami alhamdulillah mendapat kuota 15 peserta, kemudian ada juga peserta dari luar program yang ikut sebanyak 3 orang dan peserta pendidikan Gratis untuk guru ngaji sebanyak 3 orang, jadi total ada 21 orang yang mengikuti kursus menjahit pada tahun 2020 periode 1 ini. Harapan kami program seperti dapat secara berkelanjutan dilaksanakan, bukan hanya berharap dari bantuan dari pemerintah pusat, namun juga peran pemerintah daerah untuk membantu program-program kursus dan pelatihan tepat guna seperti ini bisa dianggarkan. karena sangat bermanfaat dan peminatnya sangat banyak." Ucap Pa Den, Ketua PKBM Harati.


Program PKW Menjahit ini nantinya akan dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan dengan materi yang padat dan jadwal yang intensif. Sehingga nanti diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan berwirausaha baik secara mandiri ataupun kelompok. Program ini juga akan memberikan bimbingan dan monitoring langsung kepada lulusan nya untuk berwirausaha dimana modal dan peralatan usaha akan disiapkan secara Gratis dan lengkap. 


PKBM Harati dalam penyelenggaraan program PKW menjahit ini dengan menggunakan fasilitas 16 mesin jahit standar Garmen, 8 mesin konveksi dan peralatan lengkap saran prasarana. 


"PKBM Harati terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat dengan kualitas dan fasilitas yang unggul dan lengkap. Sarana dan Prasarana menjahit yang kami gunakan sekarang bisa dibilang terlengkap di Kab. Kotim dan satu-satunya PKBM di Kotim yang memiliki fasilitas menjahit lengkap seperti ini. Tentunya kami akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasana kami agar mampu lebih banyak bermanfaat bagi masyarakat." Ujar Pa Den, Ketua PKBM Harati