Pendidikan Nonformal merupakan salah satu jalur pendidikan yang dapat menjadi alternatif dan pendukung bagi masyarakat untuk menempuh atau melanjutkan pendidikan, selain dari jalur pendidikan formal.

Pendidikan nonformal yang didalamnya dapat menyelenggarakan pendidikan kesetaraan atau lebih dikenal di masyarakat pendidikan masyarakat paket ABC atau sekolah paket atau sekolah kesetaraan Paket ABC dapat memfasilitasi masyarakat untuk kembali belajar tanpa batasan usia, jarak dan kesibukan.

Sekolah Paket ABC di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah yang aktif menyelenggarakan pendidikan kesetaraan Paket A setara SD, Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA ialah PKBM Harati.

PKBM Harati atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Harati ialah Satuan Pendidikan Non Formal yang menyelenggarakan pendidikan kesetaraan atau pendidikan masayarakat tersebut. PKBM Harati telah terakreditasi B oleh BAN PAUD dan PNF. Oleh karena itu, PKBM Harati dapat menjad salah satu pilihan utama dalam menempuh pendidikan kesetaraan yang berkualitas dan bermartabat.