Bulan Oktober - November 2019 bisa dikatakan sebagai Bulan Motivasi dan Inspirasi Warga Belajar, karen dibulan ini, PKBM Harati banyak memberikan materi pembelajaran motivasi dan inspirasi dari pemateri-pemateri non pendidik yang sangat luar biasa. Baik itu dari pengusaha sukses, tokoh masyarakat sukses, pelaku seni dan olahraga serta dari berbagai pemerhati pendidikan.

Yang Pertama, dari Bang Riskon Fabiansyah, Pengusaha Muda Sukses Kabupaten Kotawaringin Timur ini merupakan Anggota DPRD Terpilih Kotim Tahun 2019-2024 dan juga seorang Pengusaha offset sukses di Kotim. Beliau sosok yang ramah dan bersemangat dalam pengembangan sumber daya manusia dan sangat memperhatikan dengan eksistensi usaha para pemuda dalam membangun daerah. Beliau berbagi materi dengan judul Menjadi Wirausaha Sukses di Era Revolusi 4.0.

Yang Kedua, dari Kanda Zam'an, SE., MM, Beliau adalah tokoh pengusaha Kuliner yang sukses di kotim dan juga seorang organisatoris berpengalaman di Kabupaten Kotawaringin Timur. Semangat kewirausahaan dan juga pekerja keras sangat beliau tanamkan dalam pembelajaran. Beliau juga terbilang pengusaha yang sangat peduli kepada masyarakat dan merupakan tokoh pemersatu umat di kabupaten kotawaringin timut. Beliau aktif sebagai pembicara di berbagai kegiatan dan acara tentang kewirausahaan dan organisasi-organisasi. Beliau merupakan salah satu sosok pemimpin di Kabupaten Kotawaringin Timur yang murah senyum dan luas pengetahuannya. Beliau menyampaikan materi tentang: Membentuk Jiwa Wirausa Kreatif dan Inovatif. 


Yang Ketiga, dari Bu Gita Anggraini, M.Pd.I, Beliau merupakan Dosen dan Pegiat Literasi yang sangat berprestasi dan aktif dalam pengembangan literasi di masyarakat baik perkotaan maupun pedesaan, baik nasional maupun lokaldi kabupaten kotawaringin timur. Beliau juga memiliki pustaka gitav yang memberikan layanan membaca bagi masyarakat. Beliau menyampaikan materi tentang: Menulis? Aku juga Bisa, Kiat Mudah Menulis Cerita Kehidupan. 

Yang Keempat, dari Pak Sabrianoor, S.Pd. Beliau merupakan tokoh muda pemerhati dan pegiat literasi, yang tergabung di komunitas literasi Barigas. Beliau sangat peduli dengan keberadaan literasi sebagai cara mengatasi radikalisme dan juga berpikir komprehensif. Beliau menyampaikan materi tentang: Apakah kita Pribumi, Paham Rasisme tidak mendapat tempat dalam Ilmu Pengetahuan.

Yang Kelima, dari Amang Ucup atau Bung Roby. Beliau merupakan sosok pemuda kreatif, inovatif, lucu dan smart. Seorang content creator terkenal di kabupaten kotawaringi timur. Beliau menyampaikan materi tentang: Jadi Seorang Content Creator Low Budget. Dimana warga belajar mendapat pengetahuan dan pengalaman menjadi seorang pekerja kreatif yang mampu membaca perkembangan zaman dengan penggunaan media sosial secara positif. Beliau juga menceritakan tentang semangat untuk berwirausaha yang dimulai dari bawah, bertahap dan konsisten.

Selain kelima Kelas Motivasi dan Inspirasi diatas, PKBM Harati juga sering dikunjungi oleh berbagai organisasi dan pemerhati pendidikan yang memberikan pembelajaran dan pengalaman, walaupun dengan waktu yang sangat terbatas saat pertemuan pembelajaran. 

Berbagai kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, pengalaman, semangat dan keingin warga belajr untuk terus bersemangat dalam meraih masa depan yang lebih baik. Selain itu dengan adanya kegiatan ini diharap warga belajar mampu menambah relasi usaha dan memiliki semangat berwirausaha sehingga dapat mengembangkan usaha dan memperoleh pengalaman berharga langsung dari para pemateri sukses tersebut. Adanya motivasi, inspirasi, kewirausahaan, keterampilan dan pemberdayaan yang diberikan di PKBM Harati merupakan bentuk kerja keras dan kerja cerdas pengelola PKBM Harati untuk bisa memberikan ilmu pengetahuan yang aplikatif dan Inovatif kepada warga belajar sehingga mampu bersaing di era revolusi ini dan dapat lebih baik di masa yang akan datang.