Sampit - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk warga belajar pendidikan kesetaraan Paket B dan C Tahun ajaran 2019/2020 sebentar lagi akan dilaksanakan. 

Sesuai dengan jadwal resmi kemdikbud, sebelum pelaksaan UNBK tersebut, warga belajar pendidikan kesetaraan terlebih dahulu dapat mengikuti Simulasi UNBK selama 2 hari yakni 23-24 Februari 2020 untuk paket C setara SMA dan 1-2 Maret 2020 untuk paket B setara SMP.
Pada pelaksanaan Simulasi UNBK tahun ajaran ini, PKBM Harati sebagai penyelenggara pendidikan nonformal juga melaksanakan kegiatan simulasi UNBK ini sesuai jadwal tersebut. PKBM Harati melaksanakan Simulasi UNBK secara mandiri yang bertempat di kantor Sekretariat PKBM Harati dengan 25 unit komputer nya. 

"Dua Tahun yang lalu kami ikut menumpang disekolah formal, tahun kemaren kami statusnya mandiri tapi tempat dan fasilitasnya menumpang, dan untuk tahun ini kami benar-benar mandiri dimana pelaksanaan, tempat dan fasilitas memang dari pkbm harati, ini tentunya komitmen kami untuk memberikan pelayanan pendidikan nonformal atau pendidikan masyarakat yang berkualitas dan berstandar nasional" tutur Pak Den, Ketua PKBM Harati

Pelaksanaan Simulasi UNBK berjalan dengan sukses dan lancar. Dimana kesiapan pengelola, warga belajar dan fasilitas memang telah diatur dengan seksama dan selalu diarahkan langsung baik oleh dinas pendidikan Kab.kotim ataupun disdik provinsi kalimantan tengah.
"Pada tahun ini, PKBM Harati telah melaksanakan Simulasi UNBK secara mandiri dengan lancar dan sukses, saya sangat apresiasi dengan perkembangan pkbm harati untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan kesetaraan, dimana sekarang sudah memiliki unit komputer dan fasilitas yang terbilang sangat lengkap. Selain itu, antusias warga belajarnya dalam menempuh pendidikan dan melalui proses pembelajaran serta ujian sangat banyak dan aktif sekali. Sangat terlihat mereka benar-benar belajar. Harapan kami pkbm harati bisa terus meningkatkan kualitas dan mutu layanannya agar dapat menjadi pusat kegiatan belajar masyarakat yang unggul" ujar Ibu Lusi, Kepala Bidang Paud dan PNFI Kabupaten Kotawaringin Timur saat meninjau simulasi UNBK

Pelaksanaan Simulasi UNBK berjalan dengan lancar dan sukses tanpa kendala serta warga belajar pkbm harati dapat secara langsung mempraktekkan bagaimana pelaksanaan UNBK yang beberapa waktu kedepan akan mereka tempuh.

Hal ini membuktikan bahwa sekolah paket ABC di pkbm harati juga melalui proses pembelajaran, proses ujian dan standar proses pendidikan yang sesuai dengan aturan yang berlaku di kemdikbud dalam penyelenggaraan pendidikan kesetaraan. Red