Sistem Pembelajaran Mandiri Online di PKBM Harati memiliki bobot Nilai sebanyak 70%. Dimana dengan pembelajaran secara mandiri online ini memberikan kemudahan, keluasan, dan kedalaman pembelajaran sesuai dengan pemenuhan pembelajaran di kurikulum K13 KTSP Pendidikan Kesetaraan.


Pembelajaran dengan metode mandiri online ini berfokus menggunakan sistem MODULAR dengan bantuan aplikasi pembelajaran menggunakan aplikasi GOOGLE CLASSROOM. Sistem Modular di pendidikan kesetaraan menggunakan modul online yang langsung dari Kemdikbudristek, yang mana dapat diakses secara online.


Pembelajaran dengan metode mandiri online bukan berarti meniadakan pembelajaran secara tatap muka langsung, namun pembelajaran mandiri online ini diberikan agar peserta didik atau warga belajar di pendidikan kesetaraan mampu memenuhi standar minimal dan pemenuhan SKL di Kurikulum K13 KTSP Pendidikan Kesetaraan.


Berikut Langkah dalam penggunaan Pembelajaran Mandiri Online:

  1. Peserta didik mendownload aplikasi GOOGLE CLASSROOM di playstore pada handphone nya masing-masing atau menggunakan laptop.
  2. Peserta didik gabung ke Kelas dengan menggunakan Kode Kelas (Kode Kelas terlampir dibawah ini)
  3. Peserta didik Membaca Materi Modul. Membaca disini berarti peserta didik harus membaca secara seksama modul yang terlampir di materi, karena pada materi tersebut ada jawaban dari tugas-tugas modul. 
  4. Mengerjakan Tugas-Tugas Modul. Tugas dikerjakan bisa ditulis di kertas atau melalui aplikasi terkait, lalu hasilnya bisa difotokan atau dicapture atau disimpan dalam bentuk file pdf/jpg. Kemudian tugas dikumpulkan pada aplikasi google classroomnya. 
  5. Mengerjakan Uji Modul dan Penilaian Assesmen Sumatif sesuai dengan kelasnya, mengerjakan secara langsung file uji yang tersedia di setiap uji/penilaiannya.
  6. Peserta didik memantau perkembangan hasil pembelajaran mandiri onlinenya.
  7. Peserta didik wajib mengerjakan semua tugas, materi dan uji sesuai kelasnnya per tahun ajaran.

Berikut kami lampirkan Kode Kelas Google Classroom nya: