Paket B atau setara SMP/MTs ialah salah satu layanan pendidikan di program pendidikan kesetaraan jalur pendidikan Non Formal. Peserta didik yang lulus dari SD/MI/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikannya dapat menjadikan Paket B setara SMP/MTs ini sebagai alternatif untuk melanjutkan pendidikannya karena peserta didik di Paket B saat ini sangat setara pengakuannya dan pembelajarannya dengan peserta didik di SMP/MTs.

Paket B setara SMP/MTs di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur dapat mendaftar di Sekolah Paket ABC PKBM Harati, yang mana sudah Terakreditasi B dan merupakan lembaga legal penyelenggara pendidikan non formal di Kotim.

Paket B di PKBM Harati saat ini juga memberikan kemudahan dan fleksibelitas dalam pembelajaran, dengan penggunaan kurikulum Merdeka yang fleksibel dan sangat mengakomodir cara belajar, minat dan bakat peserta didik untuk menguasai pengetahuan, sikap, moral dan keterampilan.

Paket B di Sekolah Paket ABC PKBM Harati di Kota Sampit ini memberikan pilihan belajar melalui beberapa kelompok belajar, yaitu (1) Kelompok Reguler, dimana pembelajaran tatap muka, tutorial dan mandiri secara berkelompok, ada yang dilaksanakan pada siang hari untuk kelas siang dan ada yang dilaksanakan pada malam hari untuk kelas malam. (2) Kelompok Mandiri Online, dimana pembelajaran dilakukan secara online menggunakan beberapa aplikasi pembelajaran seperti google classroom, modul kesetaraan, google meet dan lainnya, sehingga memberikan fleksibelitas dalam belajar, peserta didik dapat belajar dari mana saja, dimana saja dan kapan saja. (3) Kelompok Warga Belajar Tidak mampu (WB TM) ialah kelompok belajar yang turun tatap muka sama seperti kelompok reguler, dan mempunyai hak yang sama dengan peserta didik reguler dalam belajar, namun diberikan kemudahan dalam segi biaya pendidikan, sehingga GRATIS biaya pendidikan sampai selesai di PKBM Harati.

Paket B di PKBM Harati memfasilitasi, menjangkau dan membantu peserta didik untuk terus belajar maupun kembali belajar melalui jalur pendidikan non formal yang setara dan legal di Kotim, sehingga tercapai cita-cita pendidikan untuk terus mencerdaskan anak bangsa tanpa terkendala masalah biaya, jarak, kesibukan dan aktifitas apapun. Siapa saja dan dimana saja dapat kembali belajar melalui jalur pendidikan non formal di PKBM Harati, Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.