Perkembangan Lembaga Pendidikan di Kabupaten Kotawaringin Timur sangat pesat, baik dari keberadaan Pendidikan Formal maupun Pendidikan Non Formal yang berkualitas. Salah satu Lembaga Pendidikan Non Formal penyelenggara Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, C yakni PKBM Harati Kotim, pada tahun ini memulai membuka layanan Homeschooling.

"Homeschooling memang merupakan moda pembelajaran yang sangat terkenal di daerah perkotaan, khusunya di pulau jawa. Namun untuk di Luar Jawa masih sangat jarang pengetahuan masyarakat tentang sistem pembelajaran Homeschooling ini. Tahun ini PKBM Harati membuka layanan program Homeschooling yang memiliki sistem yang sama dengan di Pulau Jawa dan sudah Terakreditasi B" ujar Deny Ketua PKBM Harati. 

Homeschooling (HS) adalah model alternatif belajar selain di sekolah. Tak ada sebuah definisi tunggal mengenai homeschooling. Selain homeschooling, ada istilah “home education”, atau “home-based learning” yang digunakan untuk maksud yang kurang lebih sama. Dalam bahasa Indonesia, ada yang menggunakan istilah “sekolah rumah”. Aku sendiri secara pribadi lebih suka mengartikan homeschooling dengan istilah “sekolah mandiri”. Tapi nama bukanlah sebuah isu. Disebut apapun, yang penting adalah esensinya.

Keberadaan PKBM Harati sebagai lembaga Pendidikan Non formal Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan menjadi wadah menaungi orangtua yang ingin menerapkan sistem pembelajaran langsung kepada anak nya di rumah melalui home based learning, private learning ataupun family education. Dengan adanya layanan Homeschooling, PKBM Harati memfasilitasi orangtua/wali untuk melaksanakan sistem pembelajaran tersebut sesuai dengan standar pendidikan nasional sehingga sistem tersebut diakui dan legal serta setara dengan sistem pendidikan di sekolah formal.

Homeschooling di PKBM Harati menerima pendaftaran mulai dari SD-SMP-SMA yang nantinya siswa (warga belajar) akan melalui proses pembelajaran dan ujian nasional sesuai standar nasional, tentunya dengan sistem pembelajaran di Homeschooling yang sangat fleksibel tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Homechooler (sebutan siswa di homeschooling) akan diberikan kebebasan dalam pengembangan minat dan bakatnya. 

Homeschooling Harati memfasilitasi peserta didik dan orangtua/wali untuk melaksanakan pembelajaran yang ramah keluarga dan terstruktur tanpa mengabaikan potensi anak dan status pendidikannya. Sistem pembelajaran pun ada yang tatap muka, tutorial dan modular online sehingga bisa untuk peserta didik seluruh Indonesia, belajar dimana saja dan kapan saja melalui Homeschooling Harati.

Informasi lebih lanjut mengenai Homeschooling Harati klik disini.