Perkembangan ilmu, Pengetahuan dan Teknologi terus berkembang sangat pesat. Memasuki era digitalisasi 4.0 yang makin hari makin merambah ke semua lini kehidupan pun telah mempengaruhi berbagai bidang dan disiplin ilmu. Salah satunya dibidang media dan sumber belajar mengajar yang juga mengikuti perkembangan dan kebutuhan zaman modern ini dengan berbagai pengembangan aplikasi pembelajaran tepat guna dan terbarukan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Direktorat Pembinaan PAUD dan DIKMAS bekerjasama dengan SIAMOLEC mengembangkan sistem pembelajaran berbasis jaringan atau online, yang mana disebut PJJ Kesetaraan atau Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Kesetaraan dengan aplikasinya bernama seTARA DARING. Sistem ini merupakan inovasi layanan pembelajaran pendidikan kesetaraan yang dapat dijadikan pilihan moda pembelajaran melalui ruang kelas digital yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Sistem Pembelajaran Online seTARA DARING saat ini merupakan sistem resmi dan akan mulai disosialisasikan ke seluruh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) secara bertahap dengan mempertimbangkan kesiapan saran prasarana, sumber daya manusia dan wilayah capaian dalam pengaplikasian sistem pembelajaran online seTARA DARING ini. Salah satu PKBM yang menyelenggarakan layanan pendidikan Kesetaraan Paket A, B, C di Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu PKBM Harati merupakan salah satu lembaga yang mendapat kesempatan untuk menerapkan sistem pembelajaran Online ini mulai Tahun 2019. Dengan difasilitasi dan dibimbing oleh PKBM Luthfillah Palangkara dan Team Seamolec Pusat, PKBM Harati akan memulai sistem pembelajaran Online yang diakui secara nasional ini sebagai salah satu sistem pembelajaran yang akan diterapkan ke seluruh warga belajar.

Team Pengelola PKBM Harati yaitu Pa Den, Bu Nor, dan Pa Andy berkesempatan untuk belajar dan mempresentasikan hasil penggunaan seTARA DARING dalam kegiatan pembelajaran Desiminasi seTARA DARING di Palangkaraya. Kegiatan yang diikuti lebih dari 15 PKBM/SKB di Kalimantan Tengah ini memberikan pengetahuan dan bimbingan langsung penggunaan seTARA DARING. Adapun Team Pengelola PKBM Harati secara lengkap dan sukses pertama kali menggunakan sistem pembelajaran online ini.

"Kami senang sekali pada kegiatan ini diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil percobaan kami dalam penggunaan seTARA DARING dan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada PKBM Luthfillah dan Team Seamolec Pusat yang sudah memberikan kesempatan kepada kami dalam kegiatan desiminasi ini. Tentunya kami bersyukur karena aplikasi ini akan sangat membantu penyempurnaan sistem pembelajaran online yang sebenarnya sudah kami aplikasikan ke warga belajar kami satu tahun yang lalu dengan menggunakan moda sistem online internal PKBM Harati. Kami akan mulai menerapkannya tahun ajaran baru ini 2019/2020. Tentunya hal ini merupakan komitmen kami sebagai satu-satunya PKBM yang Terakreditasi B di Kabupaten Kotawaringin Timur  untuk terus meningkatkan mutu dan layanan pembelajaran berstandar nasional sehingga tidak diragukan lagi oleh masyarakat terkait sistem dan mutu layanannya. Kami berharap dengan adanya aplikasi ini akan mampu membuat PKBM Harati dapat bersaing dalam mutu pembelajaran dengan sekolah-sekolah formal, bukan hanya terbatas pada lembaga non formal saja karena sistem Pembelajaran Online ini merupakan sistem pembelajaran terbarukan yang pertama kali dicobakan ke pendidikan non formal dan pendidikan formal belum memilikinya secara terstruktur seperti seTARA DARING ini. Kami berharap banyak masyarakat, orang tua siswa, dan warga belajar yang memilih dan mempercayakan pendidikannya di PKBM Harati." Ujar Pa Den, Ketua PKBM Harati.


PKBM Harati pada tahun ajaran baru ini akan mulai menerapkan sistem pembelajaran online seTARA DARING ini. Sehingga akan mampu memfasilitasi warga belajar atau siswa yang jauh, sibuk bekerja dan lanjut usia untuk kembali belajar melalui jalur pendidikan non formal Pendidikan kesetaraan Paket A, B, C secara online, belajar dimana saja dan kapan saja dengan aplikasi seTARA DARING. Warga belajr yang nantinya terdaftar di PKBM Harati dapat belajar memalui Online baik menggunakan Handphone ataupun Komputer masing-masing tanpa terikat waktu, tempat dan Jarak.

Ingat tentang Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, C di Kabupaten Kotawaringi Timur, Ingat PKBM Harati.