Sampit - Pertanyaan apakah bisa belajar di Sekolah Paket ABC cuma dalam satu tahun sering sekali ditanyakan oleh masyarakat. Hal ini karena informasi terkait pendidikan kesetaraan yang sering kali diterima dengan simpang siur atau tidak lengkap secara keseluruhan.

Untuk menjawab pertanyaan ini perlu setidaknya dipahami bahwa pendidikan kesetaraan atau kejar Paket ABC merupakan salah satu layanan yang ada di pendidikan non formal yang memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk kembali belajar, atau menempuh pendidikannya yang tertunda tanpa batasan usia, jarak dan kesibukan. 

Pendidikan Kesetaraan memfasilitasi yang tidak terfasilitasi, membantu yang tidak terbantu, dan menjangkau yang tidak terjangkau oleh pendidikan formal. Kedudukan pendidikan kesetaraan sebagai pendidikan non formal pun memiliki kesetaraan yang sama dengan pendidikan formal, dalam hal ini mulai dari hak, tanggung jawab dan lulusannya.

Apakah bisa belajar di Sekolah Paket ABC cuma dalam satu tahun saja? Hal ini tentu saja dapat dijawab dengan tegas dan jelas, bahwa lama belajar di Pendidikan kesetaraan pun sama seperti di pendidikan formal, karena sama hak dan kewajibannya. Penentuan LAMA BELAJAR tersebut tergantung dengan riwayat pendidikan peserta didik itu sendiri saat putus sekolah, dimana hal tersebut didasarkan pada portofolio nya seperti adanya raport dan ijazah terakhirnya. Peserta didik bisa ikut belajar selama satu tahun saja jika dulu saat putus sekolah berhenti di kelas akhir, atau memiliki raport terakhir yang menerangkan dia berada di kelas akhir tersebut, sehingga cuma belajar satu tahun saja.

Namun, jika peserta didik tidak memiliki raport dan dahulunya putus sekolah dikelas awal, saat kenaikan kelas, misal SMA kelas 10 atau setara Paket C kelas 10, maka peserta didik tersebut melanjutkan belajarnya di kelas 11, tidak bisa langsung loncat ke kelas 12.

Jadi, penentuan apakah bisa atau tidak nya peserta didik ikut belajar cuma dalam satu tahun di Sekolah Paket ABC sangat tergantung sekali dengan riwayat pendidikannya, tidak bisa sembarangan bisa masuk dan minta di kelas akhir. Mari ikuti aturan dengan aman dan sesuai prosedur, maka lulusannya pun nantinya akan terjamin legalitasnya. Jangan terpancing dengan iming-iming oknum yang mampu langsung menjanjikan belajar di pendidikan kesetaraan bisa langsung kelas akhir atau belajar satu tahun saja bahkan ada yang cuma ikut ujian saja, karena bisa saja itu penipuan, bahkan jika benar pun maka hal tersebut melanggar aturan sehingga nantinya bisa saja lulusannya tidak diakui.




Mari kembali belajar di Sekolah Paket ABC PKBM Harati, kalo ada yang aman, ngapain cari yang tidak jelas atau rawan penipuan, yang jelas-jelas aja dong, rugi dong.